FASILKOM UMRI studi tour ke PERTAMINA RU-II Dumai. Pada tanggal 06 Oktober 2014, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Muhammadiyah Riau (FASILKOM UMRI) mengadakan kegiatan kunjungan Industri ke PERTAMINA RU-II Dumai. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja FASILKOM UMRI untuk mengetahui proses dan kegiatan Industri yang terkait dengan Informasi Teknologi.

Rombongan disambut oleh Head Senior Information Technology Bapak Muttakin beserta dengan staff dari human resourse development dan staff IT. Acara pertama berupa perkenalan dan presentasi tentang Pertamina RU-2 Dumai, baik dari sisi struktural maupun operasional. Pada kesempatan ini terjadi banyak diskusi baik terkait dengan isu-isu aktual seperti harga BBM, proses impor BBM dan sebagainya. Pada kesempatan tersebut dari Fasilkom banyak menanyakan kemungkinan mengadakan kerja sama salah satunya terkait dengan Kerja Praktek bagi mahasiswa Fasilkom dilingkungan PERTAMINA RU-II Dumai.

Acara dilanjutkan dengan tour ke Kilang Pengolahan (Refinary Unit) untuk melihat proses kerja penyulingan dari minyak mentah menjadi produk siap sebagai BBM (Bahan Bakar Minyak) seperti Avtur, Bensin, Solar, Minyak Tanah dengan hasil akhir berupa Green Coke.

Tour dilanjutkan ke bagian IT dengan melihat proses dan kerja bagian IT seperti proses monitoring terhadap komunikasi, data dan penyimpanan data (server).pada kesempatan tersebut ditunjukkan bagaimana monitoring, jaringan dan aplikasi yang berjalan di PERTAMINA RU-II Dumai.

Tepat pukul 12.00 acara tour selesai dilanjutkan dengan makan bersama dan berpamitan untuk kembali ke Pekanbaru

 

Tags: