Google Apps for Education merupakan produk Google yang diperuntukkan bagi akademis yang dapat digunakan secara free.  

7 fakta menarik seputar Google Apps for Education tersebut, yaitu:

  • Fakta ke-1: Sejumlah 66 dari 100 kampus terbaik di Amerika Serikat per 2006 hingga sekarang, sudah dan masih mengimplementasikan Google Apps for Education.
  • Fakta ke-2: Google mengakui bahwa pemasukannya didapatkan salah satunya dari iklan. Tetapi, khusus untuk Google Apps for Education, iklan bisa di-non-aktif-kan tergantung kebijakan Admin lembaga pendidikan terkait.
  • Fakta ke-3: Tidak ada pembatasan jumlah User dalam mengimplementasikan Google Apps for Education.
  • Fakta ke-4: Dengan implementasi Google Apps for Education dapat menghemat alokasi dana untuk pemeliharaan server; mengakses data kapanpun dan dimanapun selama memiliki akses internet karena sistem cloud computing; serta berkolaborasi secara global.
  • Fakta ke-5: Keamanan (security) data yang diintegrasikan dengan Google Apps for Education setangguh server cloud computing Google itu sendiri.
  • Fakta ke-6: Dibandingkan aplikasi sejenis produk vendor lain yang  semula spesialis dijalankan di desktop tanpa internet, Google Apps for Education memang sejak awal berdirinya Google itu sendiri spesialis pembuat aplikasi berbasis internet (diakses menggunakan browser).
  • Fakta ke-7: Khusus untuk kampus-kampus di Indonesia bahkan yang sudah memiliki nama besar pun, Google Apps for Education yang jelas-jelas gratis dan terbukti diterapkan oleh kampus-kampus top tingkat dunia karena efektivitas, efisiensi, serta produktivitasnya dalam hal kolaboratif; masih agak sulit untuk diimplementasikan karena kebijakan kepemimpinan masing-masing lembaga.

Apakah kampus Anda masih berpikir dua kali dalam menerapkan aplikasi canggih ini untuk memajukan sistem pendidikan?

Sumber : http://www.eduqo.com/

 

 

Tags: